Untung Rugi Pemindahan Ibukota Indonesia

Keputusan Presiden dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) tentang pemindahan ibu kota dari Jakarta sudah final. Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro memastikan, pemindahan tersebut akan dilakukan ke luar Pulau Jawa.

Untuk itu kami akan membahas dampak positif dan negatif dari pemindahan ibukota tersebut. Hal positif yang didapat jika rencana tersebut benar-benar direalisasikan, yaitu bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di luar Jawa dan pemerataan pembangunan antardaerah. Proses penyiapan gedung-gedung dan infrastruktur baru di kota baru akan dorong pertumbuhan ekonomi di lokasi baru tersebut serta daerah-daerah sekitarnya

Lebih lanjut dampak positif lainnya adalah dari sisi pertahanan. Sebab, pertahanan Indonesia masih cenderung terpusat di Pulau Jawa. Tak hanya itu, pemindahan ibu kota juga akan meringankan beban Jakarta dari sisi sosial ekonomi.

Meski demikian, kita harus melihat adanya dampak negatif yang ditimbulkan dari rencana ini. Seperti pemindahan ibu kota , berisiko membebani APBN. Selain itu, ada pula risiko gangguan operasional kegiatan pemerintahan jika proses pemindahannya tidak lancar. Misalnya, tidak semua dokumen sudah tersimpan secara elektronik.

Dari segi pelayanan birokrasi negara, pemindahan ibu kota bisa mengganggu pelayanan pemerintah terhadap swasta lantaran swasta juga kemungkinan harus memiliki cabang untuk berurusan dengan pemerintah di ibu kota baru.

Namun faktor yang harus paling diperhatikan ialah masalah biaya. Secara garis besar pemindahan ibukota ini berdampak positif namun, dengan kodisi ekonomi Indonesia yang meriang pemindahan harus dilakukan super hati-hati. Sebab bila tidak ekonomi negara yang sudah meriang bisa berubah menjadi sakit.


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *