Pendangkalan di Danau Rawa Pening Semakin Mengkhawatirkan

Danau Rawa Pening yang terletak di tiga kecamatan di kabupaten Semarang yakni kecamatan Ambarawa, Banyubiru dan Tuntang, saat ini dalam kondisi mengkhawatirkan. Hal itu terlihat dari danau seluas 2.667 hektar tersebut mengalami pendangkalan tiap tahunnya. Padahal danau ini menjadi pengendali banjir, sumber cadangan air dan juga menjadi potensi pariwisata kabupaten Semarang.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana, Ruhban Ruzziyatno mengatakan, awalnya danau alami Rawa Pening memiliki kedalaman sampai 15 meter sebelum 1990. Namun seiring terjadinya pendangkalan, saat ini kedalaman Rawa Pening hanya 3 meter saja. Setiap tahunnya, terjadi pendangkalan setinggi 42 cm.

Atas kondisi tersebut, saat ini Rawa Pening masuk dalam daftar 15 danau kritis di Indonesia. Apalagi 75 persen dari total luasnya telah ditumbuhi eceng gondok. Kondisi Rawa Pening terlihat semakin parah saat musim kemarau.

Pemerintah daerah bukan tanpa usaha untuk menanggulangi kondisi Rawa Pening yang mengalami pendangkalan. Berbagai usaha dan cara telah dilakukan salah satunya dengan cara pengerukan. Namun sayang usaha ini nampaknya belum cukup serius. Ini dimungkinkan kendala pendanaan yang terbatas dari pemerintah kabupaten Semarang, dikarenakan Pemkab sedang gencar membangun infrastruktur.

Hal lain yang tidak kalah mengkhawatirkan adalah juga terjadi pendangkalan aliran sungai di Ambarawa. Padahal sungai-sungai itu mengarah langsung ke Rawa Pening. Tentu untuk mengatasi hal ini butuh sokongan dari masyarakat baik dana dan tenaga.

Perlu diingat pendangkalan Rawa Pening dapat berakhibat buruk pada suplay air bersih di beberapa kecamatan di Kabupaten Semarang. Bila sampai Rawa Pening mengering dapat dipastikan kandungan air dalam tanah di Ambarawa, Banyubiru dan Tuntang akan menurun.

Dampak lainnya jika sampai danau ini mengering adalah daerah Ambarawa, Banyubiru dan Tuntang akan kering kekurangan air dimusim kemarau dan banjir dimusim penghujan. Maka hendaknya masalah pendangkalan Rawa Pening menjadi perhatian yang serius pemerintah bersama dengan warga.


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *