Sekilas Pendirian Yayasan Asing di Indonesia

Ada beberapa Yayasan asing yang juga beroprasi di Indonesia, mereka berizin dan resmi diakui. Pendirian Cabang yayasan asing dapat didirikan di Indonesia sebagai badan hukum yayasan berdasarkan hukum Indonesia yang mengacu kepada yayasan induk atau dengan cara bermitra langsung dengan yayasan Indonesia.

Ketentuan umum mengenai pendirian yayasan ini terdapat di dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2001. Sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2004 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2001 tentang Yayasan.

Hal ini juga diatur di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2008 tentang Pelaksanaan Undang-Undang tentang Yayasan. Sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2013 Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2008 tentang Pelaksanaan Undang-Undang tentang Yayasan.

Pendirian yayasan dilakukan dengan akta notaris dan dibuat dalam bahasa Indonesia. Yayasan baru memperoleh status badan hukum setelah akta pendirian yayasan memperoleh pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.