Apa bisa Walikota Solo Melaporkan Pengusiran Perawat dari Kost

Selamat Pagi Faktor hukum, saya Anto dari Klaten. Saya ingin bertanya mengenai pengusiran Perawat di Solo Oleh ibu Kost. Apakah ini bisa dilaporkan ke kepolisian ? Karena saya mendengar dari berita pengusiran tersebut akan dilaporkan ke Polisi oleh Walikota Solo.

Jawaban :

Terimakasih telah bertanya kepada kami, mengenai hal tersebut harus melihat persoalannya. Bila pengusiran dilakukan secara paksa, dan para perawat telah membayar uang kost serta masa sewa masih berlaku bisa saja dilakukan. Syaratnya ialah pengusiran dilakukan secara paksa dan dengan kekerasan.

Bila itu terjadi ibu kost bisa dilaporkan karena Perbuatan tidak Menyenangkan PasalĀ 335 ayat (1) butir 1 KUHP, itupun harus dilaporkan oleh perawat yang bersangkutan bukan pak Wali Kota. Bisa juga dilakukan gugatan Wanprestasi secara perdata. Namun bila pengusiran yang dimaksud ialah Ibu Kost tidak mau memperpanjang sewa oleh para perawat maka lain cerita.

Hal ini karena jika yang terjadi Ibu Kost tidak mau memperpanjang sewa kepada para perawat. Hal itu merupakan hak pribadi Ibu Kost yang tidak bisa dicampuri oleh orang lain sekaligus oleh negara. Walau bila alasannya Corona untuk menolak perpanjangan kost tentu hal itu menunjukan moral yang kurang baik. Akan tetapi secara hukum menurut kami tidak salah.