Arti Delik Dalam Ilmu Hukum

Delik sesuatu istilah hukum yang sering kita dengar, namun tidak semua orang paham artinya. Delik sendiri di dalam bahasa Belanda disebut dengan delict.

Dalam ilmu hukum arti delik adalah perbuatan yang dapat dikenakan hukuman karena merupakan pelanggaran terhadap undang-undang tindak pidana. Delik itu sendiri dibedakan menjadi, delik formil dengan delik materil serta delik aduan dengan delik biasa.

Penjelasannya dan perbedaannya dalam delik formil tidak diperlukan adanya akibat, dengan terjadinya tindak pidana sudah dinyatakan tindak pidana tersebut telah terjadi.

Berbeda dengan delik materil, tindak pidana dinyatakan terjadi jika telah ada akibatnya. Selanjutnya delik masih dibedakan delik aduan dengan delik biasa.

Mengenai delik aduan dan delik biasa, terhadap delik aduan (klacht delicten) hanya dapat dilakukan penuntutannya apabila ada pengaduan dari orang yang merasa dirugikan. Sementara terhadap delik biasa (gewone delicten), bisa tanpa harus ada yang melakukan pengaduan penuntutan dapat dilakukan.