Tugas dan Kewenangan Dari Mahkamah Agung

Mahkamah Agung atau disingkat MA banyak orang yang mengenalnya. Tapi tidak tahu fungsi tugas dan kewenangannya yang memiliki kemiripan dengan Mahkamah Konstitusi. Padahal fungsi MA sangatlah penting dalam tatanan hukum Indonesia.

Perlu diketahui bahwa Mahkamah Agung (“MA”) dan Mahkamah Konstitusi (“MK”) keduanya merupakan lembaga negara yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 (“UUD 1945”) sebagaimana yang terdapat dalam bunyi Pasal 24 ayat (2) yang menyatakan:

Kekuasaan kehakiman dilakukan oleh sebuah Mahkamah Agung dan badan peradilan yang berada di bawahnya dalam lingkungan peradilan umum, lingkungan peradilan agama, lingkungan peradilan militer, lingkungan peradilan tata usaha negara, dan oleh sebuah Mahkamah Konstitusi. 

Kewenangan Mahkamah Agung (MA) sebagaimana dapat kita lihat di dalam Pasal 24A ayat (1) UUD 1945 yang berbunyi : 

Mahkamah Agung berwenang mengadili pada tingkat kasasi, menguji peraturan perundang-undangan di bawah undang-undang terhadap undang-undang, dan mempunyai wewenang lainnya yang diberikan oleh undang-undang.

Beberapa waktu ini ramai putusan MA yang mengabulkan gugatan atas KPU tentang penetapan pemenang Pilpres 2019. MA memang bewenang akan hal ini, karena salah satu tugas MA adalah menguji peraturan perundang-undangan di bawah undang-undang terhadap undang-undang.

Baca juga : MA Kabulkan Gugatan Atas KPU, Bagaimana Nasib Kemenangan Jokowi di Pilpres

Namun sayang putusan itu ada setelah putusan MK menjadikan putusan MA ini belumlah berlaku, ini hanyalah masalah strategi semata. Maka hasil putusan MA tidak dapat dijadikan dasar hukum gugatan dalam persidangan dan putusan MK yang telah terjadi.