Langgar Perbub Corona Dusun Semilir Bawen Disegel

Obyek Wisata Dusun Semilir berlokasi di Bawen, Kabupaten Semarang, ditutup dan disegel oleh Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 karena dianggap tidak mematuhi protokol kesehatan. Penutupan tersebut dilakukan pada Minggu (29/11/2020).

Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Semarang Valeanto Sukendro mengatakan, pelanggaran yang dilakukan pengelola adalah soal kapasitas pengunjung. Beberapa kali pengunjung melebihi ketentuan protokol kesehatan. Selain itu, juga ada keluhan dan masukan masyarakat jalur masuk dan keluar menyebabkan kemacetan, sehingga ini tidak sesuai Amdal Lalin.

Sukendro mengatakan bahwa penghentian kegiatan usaha tersebut berdasar pada Perbup No 65 Tahun 2020. Sebelum penutupan dan penyegelan dilakukan satgas, pengelola Dusun Semilir sudah mendapat pemberitahuan.

Sedang waktu penutupan atau larangan operasional menurut Sukendro nanti tergantung evaluasi Satgas bersama dengan TNI dan Polri. Dia juga mengatakan, obyek wisata di Kabupaten Semarang yang mendapat tindakan tegas baru Dusun Semilir.

Sementara itu dilain pihak Marketing Communication and Event Dusun Semilir Eco Park Irene Shinta saat dikonfirmasi mengenai hal ini mengatakan akan ada pernyataan resmi dari pihak manajemen. Ia menyampaikan manajemen akan memberi keterangan langsung, serta mengenai waktu dan tempat akan menyusul.